Wednesday 2 October 2013


“Vita… BANGUN…, udah siang ini weh lu kagak bangun ape?, lu mau gantian ama Mami jaga warung hah?” Mami teriak-teriak nggak jelas di kamar gue.
“Berisik! 10 menit lagi Mi, tanggung…” balas gua dari balik selimut.
“Jiah ni anak malesnya minta diketekin kali yak”
Mami langsung buka selimut gue, mulai aksi ketek Mami plus narik kaki gue dari dalam selimut ampe jatuh ke bawah tempat tidur
“BRUG…”
“Ah… mami, nggak bisa lihat orang seneng napa ganggu mulu” Gue sewot marah-marah ke Mami.
“Eh lu itu anak gadis kudu bangun pagi, mandi biar wangi, nah yang ini jam segini masi molor” Mami tambah meninggikan nadanya bikin telinga sakit.
“Iye udah sekarang bangun ini Mam” Gue jalan keluar kamar masi sempoyongan ambil handuk langsung ke kamar mandi.
Mami gue tiap hari kerjaanya ngomel mulu pengen rasanya gue beliin obat anti ngomel terus gue minumin ke Mami biar penyakitnya itu cepet sembuh. Ada aja alasan yang bikin Mami ngomel ya tetangga sebelah ngutang di warung Mami lah, ya ujan badai yang tiba-tiba lah, ya cucian yang banyak lah. Pokoknya selalu ada alasan buat Mami NGOMEL. Lama-lama kuping gue budek kali tapi kayaknya ini udah rada-rada budek, itu yang bikin hati gue GALAU. Belum lagi masalah gue yang baru putus terus masalah belum dapet kerjaan padahal sudah lama gue tamat dari YPT2 . Duh kasian banget sih gue ini semua CUKUP membuat GALAU. Aduh lama-lama rasanya kepala gue mau mleduk.
“Weh…ngapain lu ngelamun jam segini?” Siska ngagetin gue dari belakang.
“Busset, lu bikin kaget gue aja permisi dulu napa” Gue protes ke Siska
“Emangnya pintu, ngapain lu ngelamun disini bukannya kerja sono Bantu Mami lu” Siska ngasi saran.
“Ogah empet gue sama omelan mami nih kuping gue udah rada-rada budek” Gue curhat ke Siska.
“Nah gue ada usul gimana kalau lu tanya ama Mbah Handoyo” Siska nyoba ngasi ide
“Ya elah ini zaman modern Cul, Mbah handoyo gitu mah udah kuno” Gue ngeremehin ide Siska
“E..e… jangan salah ini Mbah zaman modern namanya Mbah Handoyo. Lu pasti kagak tahu dah wong kerjaan lu cuma main congklak”
“Terus.. terus lu ngejek gue mentang-mentang lu kuliah sekarang di kota gitu?. Ngapain sekarang lu balik lagi ke desa?, ganggu hidup gue yang aman tentram sentosa aja lu” gue balik ngatain Siska.
“Lu mau dibantuin kagak? Kalau nggak ya udah saya ikhlas lahir dan batin” Siska langsung berdiri mau pergi.
Gue langsung bilang “STOP PRIT PRIT… iya iya gue percaya lu, gimana caranya? Kasi tahu gue biar hidup gue berubah tapi ini gratis kan?”
“Buju buneng lu perhitungan amat yak… iye GRATIS” Siska sewot
“Ya udah cepetan kasi tahu gue”
“Sabar Non, ini gue lagi nyari resep dari si Mbah google kerabatnye mbah handoyo. Nah.. ini cocok banget buat lu” siska nunjuk-nunjuk teks di ponselnya.
“Habis Galau Terbitlah Move On” gue rada bingung baca teksnya “Lah, maksudnya apa?”
“Ini kan ada langkah-langkahnya, lu kan lagi galau tuh ini obat buat nyembuhin galau lu itu biar lu Move On” siska menimpali.
“O…” gue manggut-manggut.
“Nih udah gue save di ponsel gue lu bawa aja itung-itung itu hadiah dari gue besok gue mau berangkat lagi ke kota dan lu kudu berhasil ngelakuin semuanya” perintah siska.
“Siap laksanakan Nyonya siska” kata Gue sambil beri hormat ke siska.
Malamnya di kamar gue merhatiin itu teks bacaan Habis Galau Terbitlah Move On.
Langkah satu lu mesti menghindari yang namanya diam melongo, lu mesti bangun pagi, bantuin emak kek, olahraga kek, atau jailin kakek kek TERSERAH!!!. Kalau lu nggak bisa bangun pagi pakai tu jam weker tapi kalau weker juga nggak mempan bolak-balik guling lu 3X sebelum tidur sambil bilang Gue mesti bangun jam 5 pagi. Besoknya lu pasti bangun jam 5 pagi. Eit.. jangan baca langkah berikutnya sebelum lu berhasil melakukan langkah yang pertama. Astaga ini obat galau apa bukan sih ya sudahlah gue percaya sama siska sahabat gue. Gue ambil bantal tempat kepala gue sebelum tidur dan melakukan ritual sesuai teks tadi.
“Gue besok mesti bangun jam 5 pagi, balik bantal, Gue besok mesti bangun jam 5 pagi, balik bantal, Gue besok mesti bangun jam 5 pagi nah, udah tiga kali ucapan kan? Mari kita tidur”.
Besoknya AJAIB gue melek jam 5 pagi WOAH HEBAT…langsung aja gue mandi terus Bantu Mami masak, beresin rumah, nyuci, jemur, bersihin warung sampai Mami heran ngelihat gue.
Mami naruh tangan di jidat gue “Lu kagak sakit kan Vit?” Mami khawatir.
“Kagak, kenapa emang” kata Gue nyahut sambil terus ngelap meja.
“Lu aneh kagak biasanya juga lu rajin begini, lu nggak kesambet kan?” Mami tambah khawatir.
“Ya elah Mami zaman udah modern juga masi aja percaya ama yang begituan. Ya kagaklah” Gue menyangkal.
Tapi tetap aja muka Mami heran banget sama perubahan gue hahaha ini tandanya berhasil kan berarti gue boleh baca TEKS selanjutnya.
Langkah kedua Hindari menyalahkan orang lain dan temukan kalau hidup lu itu benar-benar berarti plus tanggkal setiap omelan dengan hadiah. Tau kagak caranya? Kalau kagak ini dikasi contoh bisa kumpulin buku bekas terus sumbangin ke panti asuhan kek, jadi guru gratis buat anak-anak jalanan kek, atau yang paling simple beliin orang tua atau saudara lu kado. JANGAN BACA TEKS BERIKUTNYA KALAU LU LU LU NGGAK BERHASIL.
“Ya elah tetep, malah sekarang pake CAPLOCK” Gue ngeluh.
“Aduh… kalau beli kado duit darimana? Gue nggak punya uang. Kalau kumpulin buku bekas disini kagak ada panti asuhan. Kalau jadi guru gue nggak pandai entar apa yang ditanya anak murid gue nggak bisa jawab kan malu”.
Tiba-tiba ada suara khas yang gue kenal nyempreng banget manggil nama gue “Vita…” suara Mami.
“Iye… vita di dapur Mam” sahut Gue.
“Nih Mami kasi, hari ini Mami dapet jualan banyak” kata Mami sambil naruk duit di tangan gue terus ngeloyor pergi.
“Ya ampun, ya Tuhan begitu besar berkatmu kepadaku sekarang gue tahu apa yang harus gue lakuin” senyum gue mulai mengembang kagak kuncup lagi.
Di pasar malam gue jalan-jalan mau beliin Mami hadiah tapi yang nggak mahal jelas, biar sisanya bisa gue tabung pokoknya gue mesti tobat. Clingak-clinguk nggak jelas di pasar akhirnya gue nemu kado yang pas buat Mami yaitu Daster ala Syahrini. Nah, Mami kan ngefans banget sama dia jadi pasti senang banget. Gue bungkus aja itu baju sambil senyum-senyum pulang.
“Mami… ini ada kado dari vita” kata gue sambil nunjukin Daster ala Syahrini.
“Oalah ini bagus banget” kata Mami sambil megangin daster nya terus bilang makasi sambil meluk gue terus langsung masuk ke dalam katanya mau make itu baju detik ini juga. Untung Mami nggak tau itu baju udah gue bolak-balik 3 X pakai mantra “Mami dilarang ngomel nyempreng lagi, mami dilarang ngomel nyempreng lagi, mami dilarang ngomel nyempreng lagi. Yah.. kali kali aja manjur. Sip mari kita lanjutkan baca TEKS.
Langkah ketiga SELAMAT kamu sudah berhasil MOVE ON teruskanlah tindakanmu yang positif hari ini sampai hari esok sehingga hidup kamu berarti buat dirimu dan orang lain. Sebenarnya TEKS ini cuma kibulan semata sih alias nggak ada yang bener isinya hahahaha. Mata gue langsung melotot baca itu tulisan di pojok kiri TEKS yang bunyinya dikutip dari “BLOG RIZAL PENULIS YANG MENGINPIRASI SEPANJANG MASA TIADA AKHIR SAMPAI KAPANPUN.
“Astaga siska… awas lu ya ngerjain gue” kata gue teriak-teriak kesurupan.


Categories: ,

14 comments:

  1. keren cerita'a gan
    jangan kelamaan galau, move on segera haha:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali, ane setuju deh sama ente, ahahhaah :d

      Delete
  2. mantap ceritanya gan http://vieed.blogspot.com/2013/10/cara-merubah-facebook-menjadi-fanspage.html

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Iya gan terimakasih saya emang keren kok, =))

      Delete
  4. Move on Mlulu gan yang di pikirin :d

    ReplyDelete
  5. Dari judulnya saya kirain ceritanya sedih, taunya konyol abis.. hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahah terimakasih sudah berkunjung gan :-)

      Delete
  6. bener bangt kkn isinya uga bagus, lanjutkan

    ReplyDelete

Dimohon untuk tidak membuat komentar yang berisi :
1. Kata-kata Kotor.
2. Sara atau Rasis.
3. Dan berkomentar Negatif lainya.

Komentar yang mengandung unsur diatas akan langsung saya hapus.
Terimakasih.